Assalamu'alaikum Warahmatullaahi Wabarakaatuh


Ibadah ke Tanah Suci Bukan lagi mimpi
- kendala keuangan bukan lagi halangan, dengan niat yang kuat dan tulus ikhlas disertai dengan ikhtiar yang efektif dan sungguh-sungguh, Insya Allah Ibadah Haji atau Ibadah Umroh dapat segera terwujud. Sebuah solusi yang cerdas kami tawarkan anda bisa berangkat ke tanah suci dengan GRATIS



Selasa, 31 Januari 2012

Makna Haji dan Umrah



Makna Haji
  • Secara asal usul kata, haji mempunyai arti melaksanakan perjalanan menuju ke suatu tempat yg diagungkan.
  • Secara istilah penggunaan kata mempunyai arti beribadah kepada Allah SWT dgn melakukan serangkaian kegiatan manasik haji, yakni suatu perbuatan tertentu yg dilaksanakan pada kurun waktu tertentu serta pada tempat yg telah ditentukan dan dgn tata cara cara yg tertentu juga.
  • Menurut makna bahasa, haji memiliki arti sengaja atau menuju dan berkunjung. Menurut asal-usul kata dlm bahasa Arab, kata haji memiliki arti qashd, yakni tujuan, maksud, serta sengaja.
  • Menurut istilah syara', haji adalah berangkat pergi ke Baitullah serta lokasi-lokasi tertentu untuk melakukan amalan-amalan ibadah tertentu pula. yg dimaksud dgn lokasi-lokasi tertentu dlm paparan diatas, selain Ka'bah serta Mas'a(tempat sa'i), juga Arafah, Muzdalifah, dan Mina. yg dimaksud dgn waktu tertentu adalah bulan-bulan haji yg dimulai dari Syawal sampai sepuluh hari pertama bulan Zulhijah. Adapun amal ibadah tertentu adalah thawaf, sa'i, wukuf, mazbit di Muzdalifah, melontar jumrah, mabit di Mina, dan lain-lain.

Sedangkan Umrah

  • Umrah berdasarkan pengertian bahasa mempunyai arti Ziarah atau berkunjung.
  • Sedangkan berdasarkan pengertian secara etimologis yaitu berziarah mengunjungi Makkah atau baitullah dgn tujuan khusus untuk ibadah (al-Nusuk) yaitu thowaf dan sai. Ibadah umrah itu dapat dilaksanakan pada sembarang waktu. Yg menjadi perbedaan antara haji dan umrah adalah, bahwa pelaksanaan haji jatuh pada bulan ‘’Ashurun Ma’lumat’’ (mikot zamani) serta dimulai dr tempat tertentu’’mikot makani’’. Sedangkan umrah dapat dilaksanakan kapan saja, tidak terbatas oleh waktu. Namun, waktu yg punya keistimewaan adalah di bulan ramadhan.




Kembali ke depan Haji Umroh

0 komentar:

Posting Komentar

 

My Blog List

Site Info